Test CPNS di Kabupaten Bekasi Menggunakan Sistem CAT?

BKN (Badan Kepegawaian Negara) telah menggagas dan mengembangkan Computer Assisted Test (CAT) sebagai metode tes penerimaan pegawai yang obyektif dan dapat dipercaya. lalu apakah Computer assisted Test itu? berdasarkan informasi dari situs resmi BKN “Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.”

Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Untuk menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS dilakukan Tes Kompetensi Dasar melalui Computer Assited Test.

Maksud dan Tujuan

-          Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian

-          Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional

-          Menetapkan standar nilai

Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT

  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh
  6. Penghematan anggaran akibat Lelang Pembuatan Soal Test / Soal Ujian

dengan metode CAT jauh lebih unggul karena peserta dapat melihat langsung hasil ujian / test dan dapat memperdiksikan kedepannya apakah akan diterima atau tidak.

adapun alur bagan dengan metode CAT adalah sebagai gambar berikut :

CAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara garis besar bahwa sistem penerimaan CPNS menggunakan CAT dapat merubah pola / cara untuk menghindari KKN, tapi akankah ini dapat menghindari dari para Oknum yang memiliki kepentingan? atau ini hanya sarana ajang formalitas?

karena tetap hasil tersebut akan dikaji ulang oleh pemerintah daerah / instansi pusat apakah peserta layak atau tidak.

tetapi dengan metode ini dapat mengurangi CPNS yang tidak berkompeten menjadi PNS karena harus melalui seleksi test yang dikirim kepusat sebelum dikaji oleh instansi pusat / instansi daerah.

One thought on “Test CPNS di Kabupaten Bekasi Menggunakan Sistem CAT?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>